Rabu, 31 Desember 2008

Catatan Akhir Tahun 2008

Tahun 2008 menjadi tahun yang luar biasa bagi KAZOKU. Target yang ditetapkan di awal tahun akhirnya berhasil dicapai bahkan sedikit lebih tinggi dari yang ditargetkan. Bagi saya ini sangat luar biasa karena awalnya ada sedikit keraguan dalam hati. Tapi puji Tuhan, pernyertaan-Nya step by step terbentuklah optimisme kami.

Usia KAZOKU di penghujung 2008 belum genap satu tahun. Meski demikian evaluasi tetap diberlakukan.

Target semester pertama telah terlampaui, analisis saya ini terjadi karena:
  1. Respon yang luar biasa ketika bulan pertama dan kedua pembukaan toko yang penjualannya sudah melewati target.
  2. Respon positif pembeli dalam beberapa event bazaar yang kami ikuti.
  3. Faktor liburan Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru yang semula tidak diperhitungkan akan terjadi lonjakan penjualan ternyata memberi kontribusi yang sangat besar.
Faktor liburan memang benar-benar di luar perkiraan. Outlet kami berada di Kota Salatiga-Jawa Tengah yang memang pada musim liburan tersebut menjadi salah satu pusat mudik. Hanya saja selama ini berdasarkan pengamatan bisnis yang mengalami lonjakan permintaan pada masa-masa tersebut adalah hotel, kuliner, tempat wisata dan pusat penjualan produk/makanan khas Salatiga.

KAZOKU sendiri ketika berdiri visinya adalah “Membawa Keunikan ke Kota Salatiga”. Saya melihat bahwa dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi peningkatan jumlah segmen middle-up di Kota Salatiga. Hanya saja produk yang dijual di outlet-outlet di kota ini masih asyik bermain di kelas middle-low. Niche market ini-lah yang hendak digarap oleh KAZOKU. Sehingga setelah berburu berbagai produk unik dan berkualitas tinggi di berbagai kota akhirnya berdirilah KAZOKU. Meski unik dan berkualitas ini bukan dimaksudkan sebagai barang antik untuk dikoleksi namun barang-barang yang langsung digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Mengingat tujuan tersebut maka target market kami tentu saja segmen middle-up di Kota Salatiga yang artinya kami tidak mempersiapkan lonjakan pada musim mudik. Namun ternyata fakta berkata lain, pada liburan Idul Fitri kemarin kami sempat kewalahan dan kehabisan stok berhubung semua pemasok libur lebih awal sementara lonjakan penjualan terjadi di outlet kami.

Meski target market-nya adalah middle-up namun tidak berarti kami tidak melayani segmen lain. Buktinya jika Anda datang ke outlet kami ada selimut jepang yang harganya ratusan ribu rupiah namun ada juga berbagai produk yang serba Rp 10.000,-an. Hari gini Rp. 10.000,-? Ya, hanya di KAZOKU ;)

Belajar dari kondisi di liburan Idul Fitri yang lalu akhirnya kami melakukan persiapan untuk liburan Natal dan Tahun Baru. Kali ini kami sedikit spekulatif dengan mengadirkan sandal boneka dan fur sandal. Selama ini yang dianggap khas dari kota Salatiga adalah makanan (enting-enting, abon, dendeng, keripik paru dan usus), jadi saya pikir kenapa bukan benda yang tidak habis pakai? Nah sandal boneka dan fur sandal itulah jawabnya. Keduanya adalah produk asli Kota Salatiga, yang bahkan rencananya akan di-branding agar bisa lebih diterima sebagai produk khas Salatiga. Karenanya bukan kebetulan kalau kualitas kedua produk ini sangat baik.

Sandal boneka dan fur sandal ternyata juga diminati ketika dijual grosiran secara online di blog KAZOKU. Bahkan pada awalnya kami sempat kewalahan namun saat ini setiap permintaan sudah dapat terlayani dengan baik.

Secara offline Tahun 2009 kami akan mendatangkan lebih banyak lagi koleksi baru. Syukurlah bahwa para pemasok kami juga sangat inovatif, semua pemasok sudah mempersiapkan inovasinya di tahun 2009 tentu saja hal ini meringankan pekerjaan kami.

Sedangkan secara on-line KAZOKU memiliki target untuk mengangkat produk-produk lokal Kota Salatiga. Bukan hanya produk dari kami namun juga dari UKM-UKM di kota ini, sebenarnya banyak sekali UKM yang mampu menghasilkan produk berkualitas di Salatiga hanya saja selalu terbentur dengan masalah pemasaran. Di akhir tahun 2008 ini salah satu pabrik terbesar kota Salatiga yang selama ini menampung banyak sekali tenaga kerja telah merumahkan ratusan karyawannya. Inilah saatnya UKM Salatiga bangkit, dengan tujuan itu jugalah KAZOKU akan memposisikan sebagai mitra pemasaran bagi beberapa UKM di Salatiga.

Produk khas Salatiga nantinya hanya akan Anda peroleh melalui blog kami, jadi tidak akan diperoleh di outlet.

Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih kepada para stakeholder yang selama setahun ini menjadikan kami tumbuh dan berkembang bersama Anda semua. Mari jadikan 2009 sebagai tahun yang lebih baik, lebih ber-SINERGI dan sejahtera bersama. (Satrio A. Wicaksono, owner SINERGI INDONESIA)

Description: Catatan Akhir Tahun 2008 * Rating: 4.5 * Publisher: Kazoku™ * ItemReviewed: Catatan Akhir Tahun 2008

0 komentar :

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP