Senin, 04 Maret 2013

Honda CR-Z Review & First Drive

Honda CR-Z yang diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada event IIS (International Motor Show) September lalu adalah respon dari pihak pabrikan Honda terhadap mobil sport ramah lingkungan. Sudah banyak dibahas diberbagai media mengenai harga dan spesifikasi Honda CR-Z, namun seperti apa karakter dan performa Honda CR-Z ini di jalanan? Berikut ulasannya! 

Honda CR-Z Indonesia




Mengenal Honda CR-Z Lebih Dekat

Honda CR-Z tersedia dalam dua varian yaitu varian dengan transmisi manual enam percepatan yang dihargai Rp 485.000.000 oleh Honda Prospect Motor dan versi otomatis yang dijual dengan harga Rp 499.000.000. 

Unit yang diuji kali ini adalah versi tertinggi, yaitu Honda CR-Z transmisi otomatis. Fitur dan kelengkapan yang diusung oleh Honda CR-Z matic ini cukup berlimpah, termasuk diantaranya adalah audio streaming, koneksi Bluetooth dan tentu saja sistem navigasi. 

Jika ditilik dari desainnya maka jelas bahwa Honda CR-Z dikategorikan sebagai coupe. Tak diragukan lagi, kualitas desain serta material yang digunakan baik pada bagian luar (eksterior) maupun dalam (interior) memiliki kualitas yang sangat tinggi. Fakta bahwa Honda CR-Z diproduksi langsung oleh fasilitas produksi Honda di Jepang merupakan nilai plus tersendiri bagi konsumen Indonesia, meski fakta ini tidak terlalu penting bagi konsumen di negara lain. 

Harga Honda CR-Z Indonesia

Spesifikasi Honda CR-Z Indonesia

Honda CR-Z Indonesia


Desain sporty dengan profil atletis yang dimiliki oleh Honda CR-Z menjadikan banyak mata melirik mobil ini ketika berada di jalanan. Sayangnya desain sporty ini mengorbankan ruang di jok belakang. Ruang penumpang di bagian belakang sangat minim, bahkan hampir mustahil bagi penumpang berukuran tubuh ekstra. 

Saat tidak diperlukan, jok bagian belakang bisa dilipat sehingga memberikan ruang ekstra bagi barang bawaan. 

Bagian depan kabin didesain fokus pada pengemudi, material plastik berwarna abu-abu tua mendominasi bagian dashboard. Jok depan dan audio tertata dengan sangat baik sehingga memberikan kenyamanan meski bukan tipe adjustable. Dashboard Honda CR-Z dilengkapi berbagai instrumen dan indikator yang memberi informasi penting bagi pengemudi selama perjalanan. 

Jual Honda CR-Z Indonesia

Performa Honda CR-Z

Honda CR-Z versi matic mengusung mesin 16 katup yang menghasilkan daya 87 kW pada 6.600 rpm dan torsi maksimal 144 Nm pada 4.800 rpm. Memang tidak terasa memuaskan untuk sebuah coupe berkarakter sport namun cukup menghibur. Konsumsi BBM dalam pengujian, Honda CR-Z mengkonsumsi sekitar 5,4 liter/100 km. 

Di beberapa negara lain pihak pabrikan juga melansir Honda CR-Z versi Luxury yang sudah mendapat sentuhan dari Mugen. Honda CR-Z Luxury mengusung mesin turbo yang menyemburkan daya 150 kW dan torsi 250 Nm. Hingga saat ini belum ada tanda-tanda pihak HPM akan membawa versi Luxury ini ke Indonesia. 



Standar keamanan Honda CR-Z sangat tinggi baik dalam hal kekuatan rangka, ketersediaan enam air bags, kontrol stabilitas hingga kamera mundur. Untuk tipe transmisi otomatis ini tersedia tiga mode yaitu Econ, Normal dan Sport. Khusus mode Econ dan Normal tingkat efisiensi BBM akan dimonitor yang akan menonaktifkan AC secara otomatis untuk menghemat BBM. 

Mengingat kodratnya sebagai sebuah Eco Sport maka Honda CR-Z dilengkapi dengan berbagai intrumen untuk mengefisiensikan penggunaan bahan bakar. Meski secara keseluruhan performa mesin Honda CR-Z bisa dibilang biasa-biasa saja alias tidak istimewa namun mobil ini menjanjikan kesenangan dan kenyamanan selama proses mengemudi. Kemampuan CR-Z melahap tikungan juga memberikan kenikmatan tersendiri bagi pengemudinya.

Kesimpulan

Tak diragukan lagi bahwa desain bodi Honda CR-Z adalah nilai jual utama dari mobil yang sejak 28 Februari 2012 lalu resmi masuk di jalanan Indonesia. Dari segi pengendalian dan aerodinamika Honda CR-Z juga layak diacungi jempol. Namun apakah gabungan konsep ramah lingkungan dan sporty yang ditawarkan Honda layak diacungi jempol? Jawabannya tentu terserah Anda masing-masing. 

Review Honda CR-Z Indonesia


Sebelum memutuskan membeli Honda CR-Z sebaiknya Anda terlebih dahulu membandingkan dengan Hyundai Veloster yang bermain di kelas yang sama dan menawrkan konsep yang tak jauh berbeda pula.

Description: Honda CR-Z Review & First Drive * Rating: 4.5 * Publisher: Kazoku™ * ItemReviewed: Honda CR-Z Review & First Drive

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP